top of page

Teks Eksplanasi

Hai semuanya, pada blog ini saya akan memberi teks eksplanasi tentang fenomena sosial penindasan (bullying)


Penindasan/bullying adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalah gunakan dan mengintimidasi orang lain. Hal ini dapat mencangkup secara lisan atau ancaman dan secara fisik atau paksaan dan dapat dilakukan oleh pelaku terhadap korban tertentu berulang kali. Bisa karena faktor agama ras gender seksualitas maupun kemampuan. Ada beberapa jenis tindakan penindasan. Yaitu, cyber bullying, physical bullying, social bullying, dan verbal bullying.


Cyber bullying itu adalah penindasan yg terjadi di dunia maya. Physical bullying adalah penindasan yang melibatkan fisik pelaku dan korban. Social bullying adalah penindasan yang biasanya dilakukan oleh banyak orang atau 1 kelompok orang. Verbal bullying adalah penindasan yang dilakukan dengan perkataan seperti ejekan dan hinaan. Penindasan biasanya muncul di usia sekolah. Umumnya pelaku penindasan itu adalah anak-anak yang berani dan memiliki motif dasar tertentu. Motif dasar tertentu adalah motif utama yang biasanya dapat ditandai ada dalam pelaku penindasan adalah adanya agresifitas. Agresifitas adalah adanya perasaan-perasaan marah/permusuhan.


Korban penindasan biasanya memiliki karakteristik tidak pemberani, memiliki rasa cemas, takut, dan rendah diri yang membuat anak tersebut menjadi korban penindasan. Akibat mendapatkan perlakuan ini, korban pun kemungkinan besar menyimpan rasa dendam. Setelah itu, korban penindasan bisa menjadi penindas terhadap anak lain yang ia anggap lebih rendah agar mendapat kepuasan dan membalas dendam. Contoh kasus di sekolah adalah saat kakak kelas melakukan penindasan kepada adik kelas dan penindasan itu berlanjut ketika sang adik kelas sudah menjadi kakak kelas kemudian ia melakukan penindasan kepada adik kelasnya yang baru. Kasus penindasan di sekolah sekarang semakin banyak. Salah satu alasannya adalah karena korban enggan menceritakan masalah mereka kepada pihak yg memiliki wewenang untuk menghentikan siklus penindasan. Contohnya adalah pihak sekolah dan orangtua.


Sekian blog saya, terimakasih

༄


♪ Destin Rizqiya Matantya

♪ Kelas 8C ♪ Absen no. 09

IMG-20191221-WA0045.jpg

Hi, thanks for stopping by!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
bottom of page