top of page

Etis Bermedia Sosial

Waktu dan zaman berlalu, begitu pula dengan teknologi-teknologi di dunia ini. Orang-orang yang menggunakan media sosial semakin banyak jumlahnya, hingga "sosial media" pun sudah tidak asing lagi bagi manusia di dunia. Sosial media, media digital, dan internet sangat berpengaruh dalam hidup kita dan dunia. sampai ada yang sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. karena itu, sangat sulit untuk dipikirkan bahwa hanya 30 tahun yang lalu internet masih sangat baru dan masih sangat jarang orang menggunakannya.


Sebagai manusia, sudah sifat dasar kita memiliki keinginan untuk mencari tahu hal baru dan mendapat informasi ataupun ilmu sebanyak mungkin. Walau banyak informasi dan ilmu sudah tercantum pada beberapa buku, dengan adanya internet dan media digital kita hanya perlu menyentuh dan menggeser layar. Lalu dengan waktu yang singkat, semua informasi dan ilmu di dunia ini sudah bisa kita akses dalam sekejap. Sama halnya dengan berbelanja, mengirim barang, berkomunikasi, memesan tiket liburan, dll.


Dengan itu, sudah jelas bahwa hampir semua manusia menggunakan sosial media dan banyak juga yang sangat sering menggunakannya. Sosial media pun dapat dipakai sebagai alat untuk mengetahui kabar dunia sekarang, berita-berita dari berbagai negara, berkomunikasi dengan teman dan keluarga, dll.. Sosial media sangat banyak keuntungannya, tapi pasti juga ada kerugiannya atau keburukannya.

Tentu dengan sebanyak itu orang yang menggunakan sosial media selain yang menggunakannya untuk hal-hal positif yang biasanya untuk kepentingan dan keuntungan diri sendiri seperti mencari tahu informasi, lihat berita, berkomunikasi dengan keluarga, dll. pasti juga ada banyak yang akan menggunakannya untuk hal-hal yang buruk seperti menjelekkan orang, menyebarkan hoax, dan bahkan tindakan kriminalitas.


Dengan hal-hal seperti ini tentu sosial media sudah menjadi sesuatu yang sangat bahaya untuk digunakan sekarang. Tapi mengapa bahkan dengan adanya hal-hal seperti itu masih banyak orang yang menggunakan sosial media dengan baik-baik saja hingga sekarang? Itu karena adanya hal-hal yang mengontrol dan bersifat melindungi, menolong, serta saling menguntungkan bagi pengguna-pengguna media sosial. Salah satu hal tersebut merupakan etika dalam bermedia digital.


Dengan adanya orang-orang yang menggunakan internet dan sosial media untuk hal-hal buruk, tentu kita harus berhati-hati saat menggunakan sosial media. Itu lah fungsi etika dalam bermedia sosial. Etika-etika tersebut memiliki tujuan bukan hanya untuk melindungi kita dari bahayanya internet, tapi juga agar kita tidak mengganggu pengguna media sosial lainnya. Etika adalah ilmu atau asas-asas moral. Etika juga dibilang sebagai aturan yang harus kita ikuti serta menjadi tanggung jawab kita sebagai seseorang manusia.


Intinya, ketika menggunakan internet dan sosial media kita tetap harus mematuhi beberapa aturan moral atau etika dalam menggunakannya. Hal-hal tersebut bisa seperti tidak menyebarkan konten negatif, tidak melakukan cyberbullying, menghargai dan menghormati orang lain, tidak melakukan plagiarisme, dll. Dengan mengikuti ini, kita dapat menghindar atau mencegah adanya salah paham dan tersakitinya orang lain, terjadinya berbagai konflik dan perpecahan, serta menjaga dan melindungi diri sendiri. Etika dalam bermedia sosial merupakan etika yang menyangkut pertimbangan perilaku yang dipenuhi kesadaran, tanggung jawab, integritas, dan nilai kebajikan.


Beberapa etika dalam bermedia digital yang mestinya diikuti adalah sebagai berikut :

1. Beretika dalam berkomunikasi dengan sesama,

2. Hindari penyebaran SARA, pornografi, hoaks, dan konten-konten buruk dan negatif lainnya,

3. Periksa kebenaran berita,

4. Menghargai hasil karya orang lain dan tidak melakukan aksi plagiarisme (plagiat) atau mencuri,

5. Jangan terlalu banyak informasi pribadi yang dibagikan ke internet.



Destin Rizqiya. M


꧁ Sekian dan terimakasih ꧂

IMG-20191221-WA0045.jpg

Hi, thanks for stopping by!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
bottom of page