top of page

Latihan akhir bab 4





1. Jelaskan cara kerja sensor cahaya.

Prinsip kerja dari sensor cahaya adalah mengubah energi dari foton menjadi elektron. Jadi artinya satu foton dapat mmbangkitkan satu elektron. Sensor cahaya adalah sebuah alat elektronik yang dapat memberikan perubahan besaran elektrik pada saat terjadi perubahan intensitas cahaya yang diterima oleh sensor cahaya.


2. Jelaskan cara kerja sensor ultrasonik.

Sensor ultrasonik bekerja dengan menggunakan prinsip pantulan suara atau gelombang suara. Suara pancaran dari jauh akan diterima oleh sensor ultrasonik tersebut dengan frekuensi dan durasi waktu tertentu sehingga akan memproses dan menghitung jaraknya.


3. Mengapa kita menggunakan respons yang berbeda pada posisi sensor cahaya yang terdapat pada line follower robot dan maze solver robot? Jelaskan.

Robot line follower analog terdiri dari rangkaian analog dalam melacak dan membaca sebuah garis. permasalahan yang dijadikan dasar dalam penelitian ini yaitu pada robot line follower analog hanya terdiri dari rangkaian analog untuk melacak garis serta tidak dapat diprogram, karena robot line follower analog tidak dilengkapi dengan mikrokontroller.


Line maze solving robot adalah suatu robot yang digunakan untuk menyelesaikan suatu labirin garis. Line maze solving robot dirancang dari line follower robot dan micro mouse.


4. Pada robot yang digunakan untuk membersihkan lantai, apa sajakah yang dapat dianggap sebagai output dari robot tersebut?

Roda, Bagian pembersih, sensor


5. Menurut kamu, apakah kelebihan dan kekurangan antara menggunakan robot dan manusia untuk memilah paket?

Dalam memilah paket, robot pasti akan melakukannya secara akurat dan sesuai dengan apa yang di input padanya, sedangkan manusia memiliki memori jangka pendek dan merasakan lelah, manusia tidak selalu mengikuti apa yang diperintah, kita memiliki ego. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan robot untuk memilah paket. Namun, ada kalanya robot mengalami malfunction dan harus di-repair, di sisi lain, manusia memiliki immune system yang menjaganya, jadi tidak akan self-destruct. Jadi, intinya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


6. Jelaskan kelemahan dan kelebihan yang mungkin ada antara kitchen robot dibandingkan dengan koki biasa.

Menambahkan yang di atas (no.5), robot tidak punya feelings, mereka akan do what they are programmed to. Misalnya, takaran garam yang seharusnya 1/2 sendok teh, tetapi robot itu diprogram untuk memasukkan 1/4 sendok teh, nah terjadi human error di sini karena salah meng input. Dalam situasi itu, robot tidak dapat menambahkan garam lagi. Berbeda dengan manusia, jika mereka merasa masih kurang garam, mereka akan menambahkannya. Manusia memang tidak selalu perfect, tetapi kita punya otak yang kreatif dan punya perasaan.


7. Jika harus menerapkan teknologi robot, robot seperti apa yang paling cocok bagi orang kebanyakan di daerah kamu? Jelaskan alasannya.

Di karenakan kota Jakarta sering terkena banjir, jadi mungkin robot yang dapat menanggulangi banjir, seperti link di bawah ini https://youtu.be/fOaxjtgb0gI


8. Mengacu kepada jawaban Soal nomor 7, jika diterapkan, apakah manfaat yang akan diperoleh penggunanya?

Banjir akan berkurang dengan cepat. Dan masyarakat akan jarang terkena penyakit malaria.


9. Mengacu kepada jawaban Soal nomor 7, dampak negatif apa yang mungkin muncul di tengah masyarakat jika robot-robot tersebut digunakan?

Hal yang ditakuti adalah jika sudah ada robot banjir, kemungkinan besar masyarakat akan tidak menghiraukan himbauan penting untuk tidak membuang sampah di kali, sungai ataupun selokan. Menurut saya pribadi, walaupun sudah di lengkapi robot canggih lingkungan tidak akan berubah secara signifikan. Hal itu juga bergantung kepada masyarakat dan penggunanya.


10. Manakah teknologi berikut yang paling penting digunakan pada robot: machine learning, computer vision, atau NLP?

Computer vision. Karena, computer vision telah mengembangkan beberapa hal dan memiliki persisi dalam mengidentifikasikan gambar dan benda.

Destin Rizqiya. M 8C 09


IMG-20191221-WA0045.jpg

Hi, thanks for stopping by!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
bottom of page